4 Tips Menciptakan Kamar Tidur Minimalis Anak yang Ideal

4 Tips Menciptakan Kamar Tidur Minimalis Anak yang Ideal

Menciptakan kamar tidur yang ideal dan sehat untuk anak adalah tugas setiap orang tua. Dengan kamar tidur yang memenuhi kriteria ini, anak akan lebih baik tumbuh kembangnya. Salah satu model yang bisa Anda pilih adalah model kamar tidur minimalis yang saat ini cukup banyak dipilih oleh masyarakat di perkotaan.

Selain itu, menciptakan kamar tidur yang baik juga penting untuk mempermudah masa transisi si kecil dan orang tua. Bukankah selama ini si kecil sering tidur bersama Anda? Dengan kamar tidur yang menarik, mereka pasti bisa betah di sana. Nah, bagaimana cara menciptakan kamar tidur yang minimalis dan ideal untuk si kecil dan mereka suka juga?

  1. Prioritaskan Keamanan Anak

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin mendesain kamar tidur anak adalah memprioritaskan keamanannya terlebih dulu. Walaupun si kecil sudah memasuki usia sekolah saat memutuskan untuk memberi mereka kamar sendiri, pada dasarnya orang tua tetap harus memperhatikan segi keselamatan dan keamanan si kecil di dalam kamarnya.

Oleh sebab itu, Anda harus mengatur segala hal yang berbahaya agar tidak mengenainya seperti arus listrik, kabel peralatan elektronik, sudut yang tajam atau ketinggian tertentu dengan teliti. Jika Anda ingin aman, lebih baik memilih konsep yang sederhana dan tidak mendekorasi kamar dengan berlebihan saja.

  1. Furnitur yang Berkualitas

Jika segi keamanan sudah diatur, maka langkah selanjutnya adalah Anda tinggal memilih furnitur yang berkualitas untuk ditempatkan di kamar si kecil. Pilihlah furnitur yang memiliki daya pakai cukup lama dan berkualitas baik. Sebab, bila perabot yang Anda pilih adalah yang sebaliknya, ini bisa menyebabkan potensi kecelakaan.

Jelas Anda tak ingin hal buruk terjadi pada si kecil, kan? Misalnya saja Anda memilih lemari dengan kualitas jelek karena mempertimbangkan penghematan. Bagaimana kalau lemari itu kakinya rusak dan malah miring? Ini malah bisa berakibat buruk untuk si kecil. Pilihlah yang aman saja. Kalau bisa, pilih yang berwarna-warni agar si kecil lebih senang.

  1. Ambil Perspektif Anak

Ada baiknya, saat Anda mendesain kamar tidur minimalis untuk si kecil, Anda mempertimbangkan perspektif si kecil. Anda harus melihat dari sudut pandang mereka apakah ruangan yang Anda desain diinginkannya atau cukup baikkah untuknya. Misalnya, Anda meletakkan gagang lemari yang terlalu tinggi untuk si kecil. Ini jelas menyulitkan.

Lalu, Anda juga memilih tema kamar yang tak mereka sukai. Ini juga bisa membuat si kecil tak nyaman di kamar tersebut. Ada baiknya, Anda membiarkan si kecil memberikan pendapatnya saat Anda ingin mendesain kamarnya. Biarkan mereka memilih dengan leluasa agar mereka lebih betah, nyaman dan senang berada di kamar mereka sendiri.

  1. Dekorasi yang Mudah Digonta-ganti

Anak-anak cepat bosan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih dekorasi yang bisa diganti-ganti dan tak sulit melakukannya. Anda boleh saja mendekorasi kamar si kecil dengan berbagai ornamen kecil. Namun pastikan itu mudah dilepas dan Anda bisa mendekorasi ulang ketika si kecil mulai bosan atau telah beranjak dewasa.

Nah, bagaimana? Tak sulit sebenarnya mendesain kamar tidur minimalis untuk anak, kan? Hal yang paling utama agar mereka nyaman di sana adalah memperhatikan pendapat mereka. Bila Anda kesulitan saat mendesain, jangan ragu untuk hubungi Arsitag. Anda bisa menemukan banyak jasa profesional di bidang interior dan eksterior berperngalaman di sini.