Beban Biaya Admin Bank Kepada Nasabah

Beban Biaya Admin Bank Kepada Nasabah

Semua bank pastinya menetapkan biaya admin yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan perusahaannya masing-masing. Dan pengguna kartu kredit atau kartu ATM pun pada dasarnya memahami bahwa setiap transaksi yang dilakukan akan dikenakan biaya admin bank. Misalnya saja saat Anda mengirim uang ke bank lain, maka pihak bank biasanya akan memotong uang dalam tabungan untuk biaya administrasi.

Besaran potongan tersebut sebenarnya beragam, tergantung dari syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pihak bank. Banyak nasabah yang merasa keberatan dengan biaya administrasi yang terlalu besar. Sehingga mereka cenderung lebih memilih untuk mencari lembaga keuangan atau bank yang memberikan pelayanan tanpa adanya biaya admin.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bank mana saja yang menyediakan produk gratis, dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari biaya administrasi tersebut.

Cara Menghindari Biaya Admin Bank

  1. Tips pertama, jangan terlalu sering Anda mengecek saldo tabungan melalui mesin ATM. Perlu diketahui bahwa saat Anda masuk pada laanan informasi saldo, maka biaya admin akan diambil dari saldo di tabungan Anda saat itu. Memang, biayanya tidak begitu besar tapi jika terlalu sering tentunya hal tersebut cukup untuk menyedot banyak saldo tabungan Anda.

  1. Tips menghindari Biaya Admin Bank selanjutnya adalah ambillah atau tarik tunai pada mesin ATM bank yang Anda pilih untuk menabung. Jika Anda menabung di BCA maka gunakan ATM BCA untuk mengambil uang atau bertransaksi. Sama dengan ATM bank lainnya. Karena melakukan transaksi tarik tunai melalui mesin ATM jaringan bersama, Alto atau prima akan membuat saldo Anda tersedot untuk biaya admin bank dalam jumlah yang cukup besar. Memang, keberadaan ATM bersama ini sangat membantu Anda untuk mengambil uang dimanapun. Tapi untuk Anda yang ingin menghemat saldo tabungan, hal ini harus dihindari.

  1. Tips terakhir, hindari melakukan transaksi seperti transfer uang antar bank melalui ATM. Karena biasanya, bank akan mengambil biaya administrasi jika Anda melakukan hal tersebut. Usahakan jika Anda ingin mengirim uang memakai layanan bank yang satu perusahaan sehingga bisa terhindar dari biaya admin.

Setelah mengetahui beberapa tips untuk menghindari Biaya Admin Bank, tentunya Anda penasaran dengan bank mana saja yang memberi kemudahan terkait dengan biaya admin bukan? Di bawah ini adalah beberapa jenis tabungan yang diketahui tidak terlalu membebani nasabahnya untuk biaya administrasi.

  1. Permata Tabungan Bebas

Produk tabungan yang diketahui tidak mengenakan Biaya Admin Bank kepada nasabahnya adalah Permata Tabungan Bebas. Tabungan ini bebas biaya admin apabila nasabah bisa menjaga saldonya dalam nominal Rp 5 juta per bulannya.

  1. Tabunganku

Produk bernama Tabunganku adalah program yang sengaja disediakan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan bank untuk membuat masyarakat tertarik menabung di bank. Menggunakan program ini, nasabah akan diebaskan dari biaya admin. Bank yang diketahui telah bekerjasama dengan program pemerintah ini adalah BRI, Mandiri, BCA, dan BNI.

  1. CIMB Niaga AirAsia Savers

Selanjutnya ada CIMB yang menyediakan layanan bebas admini setiap bulannya. Produk ini sudah bekerjasama dengan maskapai penerbangan ternama Air Asia.

  1. Danamon LEBIH

Bank yang diketahui juga turut memberikan layanan kepada nasabah tanpa biaya admin adalah Bank Danamon. Produk ini dikenal dengan sebutan Danamon Lebih. Menariknya, produk tabungan ini sudah termasuk dengan asuransi jiwa di 6 bulan pertamanya. Sudah Biaya Admin Bank gratis, mendapatkan asuransi lagi.