Cara Memilih Jasa Perusahaan Ekspedisi Murah

Cara Memilih Jasa Perusahaan Ekspedisi Murah

Ada begitu banyak jasa ekspedisi atau layanan kirim paket di Indonesia. Semakin pesatnya kemajuan jaman semakin menambah kemudahan dalam urusan kirim mengirim paket. Banyak ekspedisi yang berlomba-lomba memberikan layanan yang menggiurkan pelanggan. Mulai dari segi waktu pengiriman hingga harga. Tetapi beberapa ekspedisi mematok harga yang berbeda untuk tempat tujuan yang sama dan waktu pengiriman yang sama. Jika ingin mengirim paket dengan harga terbatas maka gunakan jasa ekspedisi murah. Berikut ini adalah cara memilih ekspedisi yang murah sehingga bisa mengirit biaya:

Berikut Tips Memilih Perusahaan Ekspedisi

  1. Bandingkan dulu harganya

Sebelum memilih ekspedisi mana yang akan digunakan, lakukan perbandingan terlebih dahulu dari satu ekspedisi ke ekspedisi lainnya. Seluruh jasa ekspedisi saat ini sudah memanfaatkan internet untuk mempromosikan jasa mereka. Biasanya mereka juga akan memberikan informasi tentang patokan harga per kilogramnya. Baik dengan aplikasi maupun website, Anda bisa menemukan semua informasi harga melalui internet. Carilah dahulu beberapa jasa ekspedisi lalu bandingkan mana yang paling murah. Anda juga bisa mencari review dahulu di internet untuk mengetahui perbandingan harganya.

  1. Kirim barang secara bersamaan

Ketika Anda harus mengirim beberapa paket ke alamat yang sama maka sebaiknya jadikan menjadi satu kali pengiriman. Metode ini dapat menghemat biaya pengiriman karena berat paket yang dikirim bisa pas. Jasa pengiriman barang akan memberikan harga per satu kilogram sehingga jika paket Anda tidak mencapai satu kilogram akan tetap dikenakan harga satu kilogram. Beberapa jasa ekspedisi juga memberikan layanan dimana semakin berat barang yang dikirim maka biayanya akan semakin murah.

  1. Pilih metode pengiriman yang sesuai

Terdapat 3 macam metode pengiriman, yaitu lewat darat, udara, dan laut. Pilihlah mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi jika ingin murah maka pilihlah darat atau laut. Pengiriman darat hanya memungkinkan untuk lokal atau daerah yang bisa ditempuh dengan darat. Tetapi jika barang yang dikirim memilliki jumlah yang besar dan harus ke luar pulau maka pilihlah laut. Kedua metode ini jauh lebih murah dari pada pengiriman melalui udara yang biasanya memakan waktu lebih cepat tapi dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Perhatikan berat dan lebar barang

Sebelum datang ke eskpedisi, perhatikan dulu berat dan lebar barang. Jika barang Anda tipis tapi lebar, pihak ekspedisi akan menghitung biaya berdasarkan lebarnya bukan beratnya. Tetapi jika besarnya barang Anda normal maka pihak ekspedisi biasanya akan menghitung dari beratnya. Maka ukurlah dahulu kira-kira barang yang akan dikirim dapat menghabiskan biaya berapa. Jika perlu timbanglah dahulu barang Anda beserta packingnya agar bisa menyiapkan uangnya. Atau Anda juga bisa menyiasati terlebih dulu barang yang akan dikirim agar lebih ringkas dan ringan.

  1. Jangan sungkan untuk tanya biaya

Meski Anda bisa mendapatkan informasi harga di internet, jangan lupa untuk tanyakan lagi kira-kira berapa biaya yang diperlukan. Tanyakan juga secara terperinci mengenai kelengkapan biaya seperti asuransi dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar Anda tidak tiba-tiba diberikan tagihan tambahan. Jika Anda mengirim ke luar negri, tanyakan pula kira-kira pajak yang harus dibayar dan mekanisme pembayarannya.

  1. Pilih layanan yang sesuai

Jasa ekspedisi sebenarnya memberikan layanan door to door dan door to port. Anda bisa memilih salah satu dari layanan ini. Pada layanan door to door, barang akan dikirim dengan mobil ataupun mobile perusahaan ekspedisi sampai ke rumah si penerima, tetapi untuk layanan door to port barang harus diambil si penerima di pelabuhan atau bandara tergantung metode pengirimannya. Anda bisa menyesuaikan mana yang ingin Anda gunakan. Jika barang yang dikirim ringan dan bisa dibawa sendiri sebaiknya gunakan layanan door to port. Layanan ini membutuhkan biaya yang lebih murah karena barang harus diambil sendiri.

  1. Jangan lupa memberikan kategori barang rapuh

Memberikan kategori barang barang pada setiap kemasan yang Anda buat cukup penting untuk menghindari kerugian. Tuliskan kategori barang tersebut seperti mudah pecah, jangan dlipat, dan lain-lain yang bisa membuat jasa ekspedisi memperlakukan barang tersebut dengan hati-hati. Jika Anda tidak melakukannya ada kemungkinan barang tidak akan sampai dengan selamat dan Anda harus rugi karena kehilangan biaya kirim secara cuma-cuma.

  1. Tidak menggunakan asuransi

Asuransi memang penting untuk menjaga keamanan barang, tetapi jika tidak ada dana yang cukup hindari penggunaan asuransi. Anda bisa mendapatkan ekspedisi murah jika tidak mengikutkan asuransi. Biaya untuk asuransi memang tidak begitu mahal, tetapi jika dan terbatas dan barang yang dikirim tidak mudah rusak maka tidak perlu memakainya.

  1. Pilih estimasi terlama

Jasa ekspedisi juga memberikan varian harga dengan estimasi sampai yang berbeda.  Harga bisa dua kali lebih mahal untuk estimasi tercepat. Maka pilihlah estimasi terlama untuk mendapatkan harga yang paling murah. Beberapa jasa ekspedisi memberikan varian lainnya yaitu reguler, terkadang estimasi reguler dan estimasi terlama memiliki harga yang berbeda tetapi waktu sampainya sama. Hal yang membedakan adalah mereka akan menerima pengiriman reguler pada hari sabtu minggu tetapi tidak untuk variasi lainnya.

  1. Cari ekspedisi yang menawarkan garansi

Beberapa ekspedisi memberikan garansi untuk pengiriman barang. Misalnya saja garansi untuk sampai dalam periode waktu tertentu. Manfaatkan jasa yang memberikan garansi ini karena ketika mereka tidak bisa menepati janji, mereka akan mengembalikan dana Anda atau bahkan akan memberikan dana tambahan untuk Anda. Garansi ini biasanya berbeda dengan asuransi, karena pihak ekspedisi tidak meminta biaya untuk garansi, melainkan sudah termasuk dalam layanan mereka.

Kelemahan Memilih Ekspedisi Murah

Memilih ekspedisi murah tentu ada resiko yang jauh lebih besar. Berbeda dengan ekspedisi yang mahal dan memberikan jaminan yang lebih baik, inilah kelemahan ekspedisi murah:

  • Barang mudah rusak

Karena Anda tidak menggunakan asuransi maka ada kemungkinan barang yang dikirim bisa rusak dan tidak ada pengembalian dana dari pihak jasa ekspedisi. Jika sudah rusak tanpa asuransi maka sudah bukan tanggung jawab pihak ekspedisi.

  • Harus mengambil ke tempat ekspedisi

Beberapa jasa ekspedisi yang tidak bertanggung jawab akan menyuruh Anda untuk mengambil barang di kantor ekspedisi kota Anda. Mereka melakukannya dengan dalih sudah datang ke rumah tetapi tidak ada orang. Memang tidak semua pihak ekspedisi seperti ini, tetapi lebih baik waspadai.

  • Barang sampai dengan waktu lama

Memilih jasa termurah maka resiko Anda adalah barang sampai lebih lama. Bahkan untuk pengiriman satu kota saja bisa memakan waktu beberapa hari. Hal ini tidak akan Anda temui jika menggunakan layanan dengan estimasi tercepat.

  • Tidak dibantu tracking barang

Jasa ekspedisi yang baik akan membantu Anda dalam tracking barang, sehingga Anda bisa mengetahui sampai dimana barang Anda menggunakan nomor resi. Tetapi ada juga jasa ekspedisi murah yang tidak memberikan layanan ini sehingga lebih sulit untuk mengetahui lokasi barang saat ini.