Penyebab, Cara Mengobati dan mencegah Varises Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati dan mencegah Varises Pada Ibu Hamil

Cegah varises pada ibu hamil sedini mungkin. Pada masa kehamilan wanita atau ibu yang sedang menjalani proses kehamilan bisa saja terkena varises. Varises bisa muncul kapan saja, daerah yang biasa muncul di antaranya terdapat pada daerah kaki, kaki. Selain itu varises bisa berada di daerah miss v dan anus. Varises bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengaruh hormon progesteron. Hormon ini bisa mengakibatkan perbesaran dan pelebaran pada pembuluh darah. Varises muncul dan terlihat berwarna biru di area yang terkena varises.

 

Timbulnya varises akan menimbulkan rasa pegal, nyeri, kaku dan bisa jadi ibu hamil yang terkena ini justru kurang percaya diri. Apalagi varises yang terdapat pada area yang sensitif bisa mengganggu proses persalinan. Untuk itu varises bisa dicegah sedini mungkin sehingga tidak sampai terkena seperti ini. Berikut ini kami coba ulas beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi varises pada ibu hamil yang bisa anda lakukan di rumah. Silakan simak berikut ini :

  1. Perbanyak Makanan Bernutrisi

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi memang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Jangankan wanita yang sedang hamil kita yang normal saja harus mengkonsumsi. Karena memang nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh kita beberapa cara untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yaitu seperti makan makanan yang mengandung vitamin E. Selain itu mengkonsumsi bawang putih karena di percaya untuk menghambat atau mengatasi munculnya varises.

  1. Berolahraga Dengan Baik

Olahraga menjaga kesehatan, beberapa manfaat dari olahraga yaitu menghancurkan lemak berlebih, menjaga sirkulasi atau memperlancar aliran darah. Untuk wanita hamil pilih olahraga yang ringan-ringan saja jangan sampai terlalu berat dan capek karena itu berbahaya ketika masih dalam masa kehamilan. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti yoga, jalan kaki, renang dan beberapa jenis olahraga ringan lainnya.

Pola Olahraga yang Baik & Sehat

  1. Konsumsi Air Putih

Air putih di percaya juga mengandung banyak manfaat selain mencegah dehidrasi air putih juga dapat membantu mencegah varises dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. alangkah baiknya menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan soda.

  1. Hindari Sepatu High Heels

Sepatu jenis ini dapat mengganggu, karena semakin lama wanita hamil semakin berkembang dan berat badannya semakin meningkat. Dengan menggunakan sepatu ini akan menyiksa dan terasa sakit kamera memang jenis sepatu ini sempit dan dapat memicu varises sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Hindari Sepatu High Heels

  1. Posisi Tubuh Yang Baik

Posisi tubuh memang penting untuk diperhatikan, misalnya sedang capek kemudian berdiri atau istirahat duduk terlalu lama ini menurut saya kurang baik. apabila anda istirahat berbaring sebaiknya miring agar pembuluh darah yang terdapat di belakang rahim tidak sampai tertekan.

  1. Kurangi Mengangkat Beban Berat

Beban berat atau melakukan aktivitas mengangkat beban yang seperti ini sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Karena memang tidak baik, wanita / ibu hamil butuh istirahat. Mengangkat beban yang berat bisa membuat tekanan pada pembuluh darah semakin parah.

  1. Kontrol Berat Badan Agar Tidak Berlebihan

Kontrol berat badan anda jangan sampai naik drastis sehingga berat kaki sebagai tumpuan tidak terlalu berat dan akhirnya timbul varises.

  1. Hindari Korset / Pakaian Ketat

Hindari pakaian-pakaian yang ketat karena pakaian jenis ini juga menyiksa. Sempit kalau di pakai membuat pori-pori juga susah bernafas. Pakaian yang ketat bisa mengganggu aliran darah bisa-bisa terjadi pemicu varises.

  1. Relaksasi Kaki

Relaksasi kaki di perlukan dengan cara duduk santai. Cara melakukan relaksasi kaki yaitu dengan melakukan gerakan pada pergelangan kaki. Kaki di putar secara perlahan dan teratur kurang lebih lakukan setiap hari 10 kali agar lebih rileks.

Relaksasi Setelah Pulang Kerja

  1. Gunakan Stocking

Stocking bisa bermanfaat untuk menjaga anda agar tidak terkena varises. Stocking bisa menyangga betis sehingga pembuluh darah vena bisa bekerja dengan maksimal dengan memompa darah ke jantung dan tidak terjadi sumbatan.

  1. Kurangi Mengejan Secara Berlebihan

Mengejan secara berlebihan ketika buang BAB tidak baik karena dapat menimbulkan wasir atau ambeien. Kondisi ini akan memperburuk pembuluh balik vena. Sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A kemudian vitamin C sehingga elastisitas pembuluh dara dapat bekerja dengan baik.

  1. Pakaian Dalam Yang Lembut

Pakaian lembut bisa anda coba, kalau selama ini sering sekali menggunakan pakaian yang kurang lembut bisa diganti. Karena pakaian yang lembut bisa membuat lipatan paha serta terasa longgar dan nyaman sehingga tidak sampai memicu miss v terkena varises.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, untuk itu sedini mungkin mumpung masih belum terkena tidak ada salahnya mencoba cara di atas. apabila anda sudah terlanjur terkena maka anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan kompres varises dengan air dingin. Apabila dengan cara tersebut masih belum manjur silakan bisa konsultasi ke dokter untuk mengatasinya. Demikian tips kali ini tentu harapan saya semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.