Tips Memilih Hewan Qurban yang Murah tapi Berkualitas

Tips Memilih Hewan Qurban yang Murah tapi Berkualitas

Harga hewan qurban yang tidak murah memang membutuhkan persiapan bagi siapapun yang ingin berqurban. Apalagi sekarang ini banyak yang beranggapan bahwa membeli qurban yang berkualitas pastilah bersiap dengan harga yang mahal. Padahal asalkan Anda jeli maka membeli hewan qurban yang murah tapi berkualitas tetap bisa dilakukan. Berikut ada beberapa tipsnya.

  1. Pilih yang Masih Kecil

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih hewan yang masih kecil. Tentunya hewan yang masih kecil ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan hewan yang sudah cukup umur. Nantinya Anda tinggal memelihara hewan yang masih berusia dini tersebut untuk dirawat hingga dewasa dan cukup umur.

Walau tentunya untuk bisa melakukan hal tersebut membutuhkan perhatian dan juga tenaga. Namun hal tersebut akan sebanding karena Anda lebih mampu menghemat pengeluaran daripada membelinya langsung. Tips yang satu ini akan sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki pekarangan luas atau setidaknya memiliki orang yang mampu mengurus hewan tersebut.

  1. Membeli Hewan dari Desa

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa berbagai produk yang dijual di desa lebih murah dibandingkan produk yang dijual di kota besar. Hal tersebut ternyata juga berlaku ketika Anda ingin membeli hewan qurban. Tips supaya hewan qurban dapat dibeli dengan harga murah adalah dengan membelinya langsung dari desa.

Biasanya para peternak hewan yang berada di desa mematok harga yang tidak terlalu tinggi terhadap hewan yang mereka pelihara. Soalnya hewan-hewan yang ada di desa belum menghadapi sistem dipindah menggunakan kendaraan dalam jarak jauh yang seringkali berimbas pada harganya. Jadi pastinya harga hewan yang ada di desa lebih murah daripada di kota.

Tips ini akan lebih mudah dipraktikkan bagi Anda yang memiliki desa atau kampung halaman. Soalnya Anda bisa meminta bantuan pada orang-orang yang dikenal di kampung. Melalui mereka pastinya tidak sulit untuk menemukan hewan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Hewan Qurban yang Murah tapi Berkualitas

  1. Mengikuti Tabungan Qurban

Dengan tingginya minat banyak orang untuk bisa melakukan qurban maka tercetuslah ide tabungan qurban. Tabungan ini merupakan tabungan khusus yang diperuntukan untuk bisa membeli hewan qurban sesuai keinginan. Tabungan khusus ini nantinya akan membantu Anda dalam meringankan membeli qurban dengan harga yang lebih terjangkau.

Iuran dari tabungan qurban ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan dan juga perjanjian awal. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak merasa terbebani dan juga bisa disesuaikan dengan target pembelian hewan qurban. Kombinasi tersebutlah yang membuat Anda bakal bisa mendapatkan hewan berkualitas tapi tetap dengan harga yang lebih terjangkau nantinya.

  1. Beli dari Pihak yang Dikenali

Untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah belilah hewan qurban pada pihak yang Anda kenali. Dengan membeli pada pihak yang dikenali maka kualitas dari hewan lebih dapat dipercaya dan juga tidak lupa dengan proses menawar lebih mudah. Seringkali banyak pedagang yang tidak kenal enggan untuk ditawar atau sulit untuk memberikan harga terbaiknya.

Dengan mengikuti empat tips yang sudah dijelaskan di atas maka akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan harga hewan qurban lebih murah. Meskipun murah tapi hewan qurban yang dipilih tetap memiliki kualitas yang baik dan juga sesuai syarat ketika nantinya diqurbankan. Hal ini pastinya akan lebih menghemat pengeluaran Anda untuk biaya qurban di momen Idul Adha.