Tips Wawancara Agar Diterima Bekerja Perusahaan

Tips Wawancara Agar Diterima Bekerja Perusahaan

Siapa yang tidak butuh kerjaan? Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari tentu manusia perlu bekerja agar bisa terjamin hidupnya. Sebenarnya masih banyak peluang pekerjaan di Indonesia, hanya saja kenapa pengangguran masih banyak di Indonesia? Ini dikarenakan pertumbuhan antara lapangan kerja dan para pencari kerja yang tidak seimbang. Jika Anda mau bekerja apa saja sebenarnya masih banyak yang mau menerima Anda tanpa perlu tes ataupun membawa CV, namun Anda akan menemui beragam tahapan jika Anda ingin benar benar bekerja di perusahaan resmi termasuk Interview kerja. Dan ini kadang menjadi momok tersendiri bagi para pencari kerja, apalagi bagi mereka yang masih fresh graduate atau belum pernah memiliki pengalaman kerja. Nah, bagaimana caranya agar kita bisa melalui tahap ini dan bisa diterima kerja? Berikut cara caranya;

  1. Persiapkan fisik dan mental

Dalam hal ini usahakan sebelum mengahadiri wawancara kerja pastikan Anda fit dan tidak begadang atau tidur cukup pada malam hari sebelum wawancara, selain itu pastikan untuk tetap tenang dan tidak perlu panik saat Interview kerja. Penting untuk berdoa agar diberi kelancaran dan minta doa restu juga dari orang tua atau keluarga.

  1. Berpakaian sopan dan usahakan datang lebih cepat ke tempat Interview kerja

Pastikan Anda tidak salah kostum dan akan berakibat fatal, karena bisa saja Anda diusir atau tidak boleh mengikuti proses wawancara hanya karena salah kostum. Biasanya untuk keperluan wawancara kerja kita hanya perlu memakai kemeja putih dan celana hitam panjang berbahan katun serta memakai sepatu. Selain itu, datanglah lebih awal agar Anda bisa tetap rileks dan tidak terburu buru. Hal ini juga Anda manfaatkan untuk mengecek kelengkapan dokumen dan menatanya lagi agar rapi. Dan jika Anda diberi semacam formulir yang berisi informasi tambahan yang diperlukan pihak perusahaan untuk menyeleksi kandidat pelamar, pastikan Anda isi serasional mungkin. Setelah itu Anda bisa gunakan waktu untuk memperhatikan lagi bagaimana penampilan Anda apakah sudah rapi atau belum dan bagi cewek bisa perhatikan lagi untuk make up.

  1. Menjaga sikap dan focus saat Interview kerja

Bersikaplah (jalan dan duduk) sewajarnya dan pasang muka berseri, pastikan agar orang lain melihat Anda sebagai orang yang optimis dan tidak sedang bermasalah. Jabat tangan interviewer dengan tegas dan tunggu sampai dipersilahkan untuk duduk dan biarkan dia membuka percakapan. Saat menghadapi pewawancara pastikan jangan gugup dan jawablah pertanyaan dengan jelas dan tidak perlu panjang lebar. Maksudnya tidak membuat sebuah pertanyaan baru atau membingungkan pihak pewawancara. Dan jika Anda sudah memiliki segudang pengalaman kerja tetaplah rendah hati dan hormati pihak pewawancara. Setelah sesi wawancara selesai jangan lupa untuk ucapkan terima kasih. Setelah itu tinggal Anda follow up saja bagaimana hasilnya. Biasanya akan diberikan pengumumannya di website atau papan pengumuman yang disediakan

Demikian tips tentang menghadapi suatu wawancara kerja, selain tips tips diatas, Anda mungkin boleh bertanya kepada teman atau rekan Anda yang sudah bekerja bagaimana sebenarnya interview tes masuk kerja. Dan perlu Anda ketahui dalam hal wawancara kerja tentu pihak perusahaan melalui HRD nya menginginkan seorang pekerja yang sesuai kebutuhan perusahaan, berkualitas dan bisa diandalkan. Untuk itu, penting bagi para pelamar kerja untuk menambah skill dan kemampuan mereka dalam menghadapi persaingan ini.