Cara Mengobati Sakit Gigi Sendiri di Rumah

Cara Mengobati Sakit Gigi Sendiri di Rumah

Sakit gigi memang tidak mengancam nyawa, namun rasa sakit yang ditimbulkan sangatlah menyiksa. Tidak hanya membuat sulit makan, rasa sakit yang muncul menyebabkan rasa tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas. Jika Anda tidak sempat ke dokter, berikut beberapa cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Kompres dengan Es

Sakit gigi umumnya disertai dengan pembengkakan pada pipi. Salah satu cara menangani kondisi tersebut adalah dengan melakukan pengompresan menggunakan es batu. Pengompresan dengan es akan menyebabkan kebas pada gigi, sehingga rasa sakit akan hilang seketika.

Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan. Caranya, bungkus beberapa keping es batu dengan handuk atau kain, lalu tempelkan pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Lakukan pengompresan ini selama 15—20 menit dan ulangi 2—3 kali sehari, hingga pembengkakan dan rasa sakit mereda.

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini sejak lama digunakan oleh banyak orang, karena terbukti dapat meredakan sakit gigi. Garam akan menyerap air pada area mulut sehingga kelembapan mulut menurun., dengan begitu bakteri penyebab sakit gigi akan sulit berkembang atau bahkan mati.

Selain itu, air garam juga dapat membantu meredakan peradangan. Cara menggunakannya, larutkan ½ sdt garam dalam satu gelas air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur beberapa saat. Konsentrasikan berkumur pada area yang sakit, kemudian buang air bekas kumur. Jika perlu, Anda juga bisa membersihkan gigi dengan benang gigi sebelum berkumur.

Mengunyah Bawang Putih

Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa bawang putih memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya mengobati sakit gigi. Ketika terkoyak oleh gigi, bawang putih akan mengeluarkan senyawa allicin. Senyawa ini memiliki sifat anti-bakteri dan antibiotik alami yang dapat membantu melawan bakteri penyebab sakit gigi.

Cara paling ampuh adalah dengan mengunyah langsung bawang putih mentah menggunakan bagian gigi yang sakit. Jika gigi terlalu sakit untuk mengunyah, Anda bisa menggunakan bawang putih yang diiris atau dihaluskan, lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Biarkan beberapa saat, kemudian berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

Minyak Cengkeh

Sejak dahulu minyak cengkeh dikenal sebagai pereda nyeri alami. Cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol, yang mana senyawa ini akan melemahkan sementara saraf gigi sehingga sakit pun akan hilang seketika. Selain itu, minyak cengkeh juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri dan peradangan pada gigi.

Cara penggunaannya, teteskan minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Biarkan beberapa saat agar minyak cengkeh dapat menyerap sempurna, lalu berkumur dengan menggunakan air hangat. Cara ini bisa Anda lakukan beberapa kali sehari hingga rasa sakit menghilang.

Demikian beberapa cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika sakit tidak hilang dalam 2 hari atau rasa sakit terlalu parah, segeralah konsultasikan ke dokter. informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, ibu dan anak serta kehamilan bisa Anda baca di laman parenting.orami.co.id.