Mata Perih Saat Bangun Tidur? Atasi Penyebabnya dengan Insto Dry Eyes

Mata Perih Saat Bangun Tidur? Atasi Penyebabnya dengan Insto Dry Eyes

Setiap orang pasti pernah mengalami mata perih sesaat setelah bangun tidur. Begitu membuka mata, terkadang rasa perih itu muncul. Hal ini disebabkan oleh mata yang kering. Untuk penanganan pertamanya, Anda cukup membasuh muka atau mengompres mata dengan air hangat. Akan tetapi, obat tetes mata diperlukan ketika sering terjadi atau sampai mata berwarna merah.

Penyebab Mata Perih Saat Bangun Tidur

Setelah mengenal bahwa rasa perih pada mata setelah bangun tidur ternyata disebabkan oleh mata yang kering, sudah seharusnya Anda mengenali penyebab sebenarnya. Penyembuhan sekaligus pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari berbagai penyebab tersebut. Apa sajakah penyebabnya?

Dari segi medis, penyebab utama dry eyes adalah kurangnya produksi air mata yang menyebabkan mata sepet atau terasa ada yang mengganjal. Saat bangun tidur, tentu ada kotoran mata yang mengalir keluar. Itulah yang menyebabkan kurangnya air mata ketika bangun tidur karena digunakan untuk mengeluarkan kotoran.

Kurangnya produksi air mata karena memang produksinya hanya sedikit juga bisa menyebabkan mata menjadi kering saat bangun tidur. Gangguan dalam produksi air mata ini bisa disebabkan oleh aktivitas hormonal atau sebab lain pada kondisi lapisan pada mata.

Bahkan, terdapat sebab khusus lainnya yang menyebabkan dry eyes yaitu nocturnal lagophthalmos. Dalam kondisi ini, kelopak mata tidak bisa menutup sempurna saat tidur. Akibatnya, semalaman terdapat celah yang membuat mata kering dan air mata berkurang karena menguap. Kondisi khusus ini lebih lanjut bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Cara Mengobati dengan Insto Dry Eyes

Pengobatan mata yang menjadi kering setelah bangun tidur harus segera dilakukan sebelum beraktivitas kembali. Jangan biarkan hal ini terjadi dan justru mengabaikannya. Ketidaktahuan atau menganggapnya sepele memang sering terjadi dalam kasus dry eyes. Setelah merasakan mata yang perih, gatal, dan pegel setelah bangun tidur, sebaiknya segera menindaklanjuti.

Cara efektifnya adalah menambahkan air mata yang berfungsi sebagai pelumas pada mata. Fungsi ini sangat penting untuk membersihkan kotoran pada mata. Bahan aktif obat tetes mata juga merilekskan mata lelah yang meningkatkan daya penglihatan untuk beraktivitas seharian. Pemakaian Insto Dry Eyes sangat membantu. Bahan aktifnya mengandung anti bakteri yang baik.

Obat tetes mata khusus dry eyes tersebut sudah berstandardisasi dan mampu mengatasi berbagai efek mata yang kering setelah bangun tidur. Cara memakainya adalah dengan mengocok obat tetes mata tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, dongakkan kepala dan teteskan obat tetes mata tersebut secara perlahan pada mata yang kering. Pejamkan mata selama 2-3 menit dalam posisi menunduk.

Rasakan reaksinya dan bukalah mata setelah itu. Usapkan cairan yang mengalir. Untuk pemakaian kedua, Anda harus menunggu selama 5 menit setelah pemakaian sebelumnya. Patuhi cara pemakaian tersebut agar Anda bisa menggunakan obat tetes mata dengan baik dan segera sembuh.

Penanganan tersebut sangat efektif karena mampu membersihkan kotoran, merilekskan mata, sekaligus menambah jumlah air mata sebagai pelumas mata. Daya penglihatan bisa lebih fresh karena tindakan tepat ini. Akan tetapi, pemeriksaan secara medis dapat dilakukan ketika Anda mengalami keluhan lanjutan.

Mata pegel dan sepet merupakan salah satu gejala dry eyes yang harus segera ditangani. Jika saat bangun tidur juga mengalaminya seperti penjelasan di atas, maka Anda bisa mengenali penyebabnya. Cara mengobatinya yang aman adalah dengan mengompres juga memberikan obat tetes mata yang aman tanpa efek samping. Gunakanlah obat yang sudah berstandardisasi.