Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Proses Pembuahan Tanda Awal Hamil

Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Proses Pembuahan Tanda Awal Hamil

Untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil, hal tersebut cukup mudah dilakukan setelah memastikannya dengan test pack. Namun bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan dan tidak sabar menunggu beberapa bulan untuk memastikan hal tersebut. Berikut tanda yang muncul pada tubuh wanita setelah proses pembuahan berhasil terjadi.

Bagaimana Proses Pembuahan Terjadi

Pembuahan merupakan proses bertemunya sel telur dan sperma ketika wanita mengalami ovulasi. Waktu yang dibutuhkan agar pembuahan terjadi bisa hanya satu hari atau beberapa hari tergantung kekuatan sperma dalam mendobrak dinding pelindung sel telur karena sperma mampu hidup hingga satu minggu di dalam tubuh wanita.

Apabila pembuahan sudah berhasil dilakukan, maka 10 hingga 14 hari kemudian bakal janin tersebut akan menuju rahim dan menempel pada dindingnya dengan kuat. HCG merupakan nama hormon yang akan muncul di dalam darah setelah proses pembuahan berhasil dilakukan. Hormon ini yang nantinya akan terdeteksi ketika melakukan tes kehamilan dengan test pack.

Perubahan Tubuh Setelah Pembuahan Berhasil

Pendarahan Ringan

Ketika calon janin berjalan menuju rahim dan menempelkan dirinya pada dinding rahim, hal ini mungkin meneybabkan dinding rahim tergores dan mengeluarkan darah. Namun darah yang ini tentu berbeda dengan darah menstrusi yang biasa keluar setiap bulan.Pada umumnya darah yang keluar hanya sedikit atau hanya sebatas flek saja.

Kram dan Nyeri

Sama seperti ketika Anda mengalami perubahan pada tubuh ketika sedang mengalami menstruasi, perubahan tersebut juga terjadi ketika pembuahan berhasil dilakukan. Kram pada perut bagian bawah dan punggung merupakan tanda yang mungkin Anda rasakan, namun bedanya intensitas nyeri yang ditimbulkan cenderung ringan dan tidak mengganggu aktivitas.

Perubahan Payudara

Selain mengalami nyeri dan kram perut serta punggung, payudara Anda pun akan mengalami perubahan setelah pembuahan berhasil dilakukan. Ia akan menjadi lebih lembut namun di saat yang sama akan terasa nyeri apabila disentuh. Payudara pun menjadi lebih sensitif dan terasa gatal.

Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Apabila pembuahan berhasil dilakukan, maka tubuh akan mengeluarkan hormon hCB yang menyebabkan aliran darah menuju vagina meningkat. Sehingga kandung kemih pun terpengaruh dan meningkatkan produksi air seni. Jika Anda merasa tidak mengonsumsi air berlebih namun buang air terlalu sering, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal kehamilan.

Perubahan Suhu Basal

Akibat dari perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh, maka suhu tubuh wanita hamil pun mengalami peningkatan. Biasanya hal tersebut akan terjadi di pagi hari setelah bangun tidur, suhu tubuh akan meningkat drastic hingga 37,4 – 37,5o C. Jadi sebaiknya Anda mengukur suhu tubuh secara rutin, apabila terjadi perubahan drastis maka bisa jadi merupakan gejala kehamilan.

Setelah mengetahui bagaimana proses pembuahan terjadi serta perubahan-perubahan yang merupakan tanda awal kehamilan, Anda pun bisa mulai memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar masa kehamilan, Anda bisa mengunjungi orami.co.id dan membuka laman Orami Magazine.