Penyebab Gigantisme yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Gigantisme yang Perlu Diwaspadai

Seperti yang kita sudah tau, bahwa gigantisme adalah penyakit langka yang terjadi akibat pertumbuhan dalam anak anak menjadi tidak normal. perubahan pertumbuhan yang tidak normal keliatan dari tinggi dan lingkar badan anak anak. Kondisi ini juga terjadi karena kelenjar pituitary pada anak tersebut memproduksi terlalu berlebihan. Hormon tersebut disebut juga somatotropin yang dihasilkan oleh kelenjar pitutari sendiri yang bagian organ berukuran kecil yang terletal dibawah otak. Orang yang mengalami ini akan mengalami gejala gejala yang bekeringat berlebihan, nyeri sendi, dan terjadi penebalan pada tangan dan kaki. penampilan penderita biasanya memiliki tampilan terlampau besar seperti raksaa. Penyakit gigantisme  hanya dapat dikendalikan dengan menghentikan produksi hormone pertumbuhan yang terlalu banyak pada anak anak.

Penyebab gigantisme yang paling utama adalah karena adanya tumor jinak yang tberada di kalenjar pituturi, Sejak manusia dilahirkan ke dunia, manusia memiliki kalenjer pitutari ini untuk menghasilkan hormone hormone yang dibutuhkan oleh tubuh bahkan ada hormone hormone yang berperan langsung. Seperti hormone yang langsung ke hormone pertumbuhan adalah HGH (Human growth hormone)  atau GH (growth hormone). Kebeadaan tumor jinak ini yang dibagian kelenjar pitutari ini atau yang bisa disebut juga adenoma dapat mempengaruhi produksi hormone tersebut. biasanya kemunculan adenoma berhubungan dengan masalah masalah kesehatan yang diturunkan dari anggota keluarga dan memang keluarga tersebut memiliki riwayat masalah kesehatan yang banyak, sehingga anak yang memiliki riwayat masalah kesehatan keluarga atau saudaranya terkena gigantisme itu lebih beresiko tinggi terken gigantisme kembali daripada anak dari keluarga yang tidak memiliki riwayat kesehatan tesebut.

Anak anak yang menderita penyakit ini karena memiliki terlalu banyak produksi hormone membuat tubuh mereka menjadi lebih tinggi dan lebih besar dari orang orang yang normal disekitar mereka, ini juga akan berdampak pada kepercyaa diri anak tersebut jika mereka mengidap gigantisme. Mereka mungkin akan heran ketika penampilan mereka berbeda dengan temannya yang tidak terkena gigantisme dan kita harus berusaha menjelaskan baik baik pada anak kita yang terkena gigantisme. Dilansir dari helloshat inilah masalah kesehatan yang bisa menjadi penyebab timbulnya gigantisme :

  1. Carney complex

Kondisi ini bisa mengubah pigmentasi kulit serta menyebabkan tumor pada jaringan tubuh tertentu

  1. Multiple endocrine neoplasia type 1 atau (MEN 1)

 Keadaan kelainan ini adalah menyebabkan tumor pada kelenjar pitutury, pankreas arau kelenjar paratiroid

  1. McCune Albright syndrome

Keadaan dimana mempengaruhi jaringan penghasil hormone atau edokrin.

  1. Neurodibromatosis

Kelaian yang tejadi akibat turunan yang mengakibatkan tumor pada sistem saraf kita.

Itulah tadi jika penyebab gigantisme dilihat dari masalah kesehatan yang mungkin memang bisa diturunkan kekeluarga kita. Setelah penyebab ada beberapa faktor yang beresiko tinggi untuk gigantisme. Tetapi jika anda merasakan salah satu faktor resiko ini bukan berita anda langsung menderita gigantisme tapi tidak menutup kemungkinana bahwa penyakit gigantisme ini yanga nda derita tanpa adanya satu pun faktor resiko pada diri anda. Faktor yang pertama adalah usia, Yap usia pasti mempengaruhi keadaan kesehatan seseorang dan khsuus gigantisme ini biasanya terjadi pada anak anak tetapi orang dewasa yang terkena gigantisme juga tidak menutup kemungkinan ada, faktor yang kedua adalah menpunyai penyakit genetic langka seperti sindrom sotos, sindrom beckwith wiedeman dan sindrom weaver.