Siapkan Dokumen Ini untuk Klaim Asuransi Motor

Siapkan Dokumen Ini untuk Klaim Asuransi Motor

Saat Anda membeli kendaraan roda dua baru secara cicilan, biasanya Anda akan di ikuti asuransi motor secara otomatis oleh pihak leasing yang Anda gunakan.

Mau tidak mau, suka tidak suka, asuransi tersebut sudah otomatis masuk kedalam pembiayaan cicilan yang Anda bayarkan setiap bulannya.

Mungkin sebagian dari kita tidak perduli dengan hal ini, karena menganggap ribet dan sulit untuk mengurus klaimnya, padahal nyatanya tidak demikian. Anda dapat dengan mudah mengajukan sebuah klaim asuransi motor Anda melalui leasing atau perusahaan asuransinya langsung.

Jika Anda bingung apa saja yang harus Anda siapkan untuk pengajuan klaimnya, maka penulis akan membantu Anda memberikan informasi mengenai apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim ini, simak ulasannya.

Dokumen untuk Klaim Asuransi Motor

Data Diri

Yang pertama adalah siapkan segala data diri Anda seperti KTP, SIM dan fotokopi data polis Anda. Data diri ini digunakan untuk saat pengajuan atau pengaduan permasalahan yang terjadi dan sebagai salah satu syarat mutlak untuk mengklaim sebuah asuransi.

Dan perlu Anda ingat, data diri yang diajukan adalah data diri pemegang polis, bukan data diri orang lain yang mengalami kecelakaan menggunakan motor Anda ya sobat.

Data Kendaraan

Setelah mempersiapkan data diri, persiapkanlah data kendaraan seperti STNK kendaraan. Dimana data kendaraan ini sangat dibutuhkan guna untuk mencocokkan data asuransi dengan kendaraan sesungguhnya yang sedang dipakai.

Data Tambahan

Data tambahan ini biasanya adalah berupa surat keterangan dari kepolisian, dimana jika kendaraan yang Anda asuransikan mengalami kecelakaan atau kehilangan. Untuk surat keterangan dari kepolisian sendiri Anda harus meminta dari kepolisian sekitar tempat kejadian.

Dan jika kendaraan Anda mengalami kecelakaan, Anda juga harus memotret kondisi kendaraan Anda saat itu juga, dimana foto ini akan digunakan sebagai bahan pencocokan saat dilakukannya survey pada kondisi kendaraan roda dua Anda.

Nah itulah beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk klaim asuransi motor Anda, bagaimana mudah bukan?

Jika Anda masih bingung, Anda bisa menanyakannya secara langsung oleh pihak leasing atau pihak asuransi yang Anda percayai.