Tips Menjaga Kesehatan Kandung Kemih dan Peranan Spesialis Urologi dalam Dunia Kesehatan

Spesialis Urologi

Seringkah Anda menahan rasa ingin ke kamar mandi karena sedang di perjalanan, sedang bekerja atau sedang berada di tengah kesibukan lainnya yang sulit ditinggalkan? Hasilnya, pinggang menjadi sakit dan bisa memperbesar resiko terjadinya infeksi pada kandung kemih maupun ginjal. Meski sepertinya hal yang sepele akan tetapi sistem pembuangan khususnya pada air seni, sangat penting karena berhubungan dengan ginjal sebagai penyaring racun dan kandung kemih yang menampung urine sebelum dikeluarkan. Untuk menangani masalah seputar kandung kemih sendiri, terdapat spesialis penyakit dalam khusus yaitu spesialis urologi yang dapat dijadikan tempat konsultasi bagi penderita masalah kandung kemih dan organ disekitarnya.

Sistem pembuangan melalui ginjal dan kandung kemih dimiliki oleh setiap orang baik pria, wanita maupun anak-anak. Karena itu penyakit di kandung kemih bisa dimiliki oleh siapa saja. Pola hidup sehat menjadi salah satu kunci penting untuk bisa terhindar dari berbagai masalah urologi. Selain mengenai kandung kemih, organ di sekitarnya juga bisa terdampak jika terjadi gangguan kesehatan, organ yang dekat dengan kandung kemih dan ginjal yaitu testis, vagina dan otot-otot panggul.

Mereka yang memiliki masalah pada bagian kandung kemih dan sekitarnya akan memiliki gejala sakit pada pinggang, sakit saat buang air hingga sulit buang air yang menyebabkan aktivitas terganggu. Untuk itu, jika Anda tak ingin mendapatkan masalah dengan saluran kemih, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sedari dini:

  • Minum air putih secukupnya.

Konsumsi air putih secukupnya merupakan satu kunci penting agar tubuh tetap terhidrasi dan ginjal bisa melakukan fungsinya dengan mudah.

  • Kurangi garam.

Mineral garam merupakan penyebab penyakit darah tinggi termasuk batu ginjal. Karena itu dalam makanan, kurangi penambahan garam.

  • Batasi kafein, soda dan alkohol.

Bagi Anda yang suka minum kopi, batasi hingga maksimal 2 gelas sehari jika tak ingin mendapatkan masalah pada saluran kemih dan bagian tubuh lainnya. begitu juga dengan minuman soda dan alkohol, sebisa mungkin dihindari karena efeknya tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Jangan menahan kencing.

  • Untuk wanita, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang agar menghindari kontak antara anus dengan vagina.

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan Anda akan terbebas dari masalah kandung kemih. Namun jika sudah terlanjur terkena masalah dengan gejala sering sakit pinggang atau saat buang air kecil, jangan takut dan segeralah melakukan konsultasi ke dokter spesialis urologi yang banyak membuka praktek di rumah sakit besar.

Dokter urologi memiliki keahlian menangani berbagai kasus urologi seperti:

  • Pada pria:

Masalah ginjal, kandung kemih, prostat, penis, testis dan kelenjar adrenal. Batu ginjal, infeksi saluran kemih, kelainan bentuk penis, infeksi skrotum, disfungsi ereksi dan cystitis.

  • Pada wanita:

Prolaps pada kandung kemih, infeksi saluran kemih, batu ginjal, inkontinensia urine.

  • Pada anak:

Saluran kemih tersumbat, susah buang air, hipospadia epispadia, testis yang tidak turun.

Selain pada anak dan orang dewasa, manula juga kerap memiliki masalah pada saluran kemih terutama pada kekuatan otot panggul untuk menahan kandung kemih yang mengakibatkannya sering mengompol. Dengan konsultasi yang tepat bersama dokter spesialis urologi, Anda akan mendapatkan cara pencegahan dan penanganannya termasuk pada penyakit kanker yang membutuhkan pembedahan dan penyakit batu ginjal yang memerlukan konsultasi dari dokter spesialis radiologi.